BAB VI
Siklus Produksi
Siklus hidup produk manajemen (atau PLCM) adalah
suksesi strategi yang digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan
melalui siklus hidup-nya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan, saturasi)
perubahan dari waktu ke waktu dan harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap
suksesi nya.
Siklus hidup produk (PLC) Seperti
manusia, produk juga memiliki busur. Dari lahir sampai mati, manusia melewati
berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan, penurunan dan
kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal produk. Siklus hidup
produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan disiplin profesional banyak,
dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan proses. Siklus hidup produk (PLC)
harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk di pasar sehubungan dengan bisnis
/ komersial dan biaya langkah-langkah penjualan. Untuk mengatakan bahwa suatu
produk memiliki siklus hidup adalah untuk menegaskan tiga hal:
· Produk
memiliki hidup yang terbatas,
Penjualan produk melalui tahap yang
berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda berpose, peluang, dan masalah
kepada penjual,
Produk memerlukan pemasaran yang
berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan strategi sumber daya manusia di
setiap tahap siklus hidup.
Empat tahap utama siklus hidup
produk dan karakteristik yang menyertainya adalah:
1. Pasar
tahap pengenalan
· > biaya
sangat tinggi
·
> penjualan lambat untuk memulai
· >
sedikit atau tidak ada persaingan
· > permintaan
harus dibuat
· >
pelanggan harus diminta untuk mencoba produk
· >
membuat uang pada tahap ini
2. Pertumbuhan
tahap
· >
mengurangi biaya karena skala ekonomi
· >
volume penjualan meningkat secara signifikan
· >
mulai meningkat
· >
meningkatkan kesadaran publik
· >
kompetisi mulai meningkat dengan pemain baru dalam membangun pasar
· >
persaingan yang meningkat menyebabkan penurunan harga
3. Kematangan
tahap
· >
biaya diturunkan sebagai akibat dari volume produksi meningkat dan mengalami
efek kurva
· >
puncak volume penjualan dan kejenuhan pasar tercapai
· >
peningkatan pesaing memasuki pasar
· >
harga cenderung turun karena proliferasi produk yang bersaing
· >
merek dan diversifikasi fitur ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan
pangsa pasar
· >
Keuntungan industri turun
4. Tahap
penurunan
· >
biaya menjadi kontra-optimal
· >
penurunan volume penjualan
· >
harga, mengurangi profitabilitas
· >
keuntungan menjadi lebih tantangan produksi / distribusi efisiensi dari
penjualan meningkat
Siklus keuangan
Manajemen keuangan dimulai
dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan untuk mengembangkan
sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat
dinilai dan merupakan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan. Rencana
ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya untuk setiap
aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan tentang
setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika ini bagian
dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan sumber daya
untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran yang akan
sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai, akuntansi
juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi keuangan. Ada
dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan oleh bagian
akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer proyek.
Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari laporan
akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus
membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan
ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani
bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek,
manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan
hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan
keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam
pengembangan proyek-proyek masa depan.
soal latihan
1. Rancanglah prosedur produksi baik produksi maupun bagan alir (flochart) secara manual.
2. Rancanglah prosedur keuangan baik baik narasi maupun bagan alir (flochart) yang berbasih komputer.
JAWAB :
1. - Narasi prosedur produksi secara manual :
Sistem pada prosedur produksi secara manual dimulai oleh bagian pemerhati permintaan konsumen dan tuntutan pasar. Bagian ini mencatat apa yang diminta dan diperlukan konsumen serta berapa banyaknya tuntutan pasar. Setelah dicatat proses selanjutnya adalah meneliti produk yang akan di produksi berdasarkan permintaan konsumen dan tuntutan pasar untuk pengembangan produk yang akan dihasilkan. Setelah sampai pada tahap pengembangan produk, barang yang akan di produksi tersebut diserahkan pada bagian yang akan melakukan pengujian pada barang yang akan di produksi. Bagian ini melakukan pengujian layak atau tidaknya barang yang akan dihasilkan tersebut.
Jika bagian pengujian barang yang akan dihasilkan ini mendapati barang yang akan di produksi tersebut belum menepati sasaran atau ada kesalahan saat pengembangan produk, maka proses selanjutnya adalah menyerahkan laporan menyatakan produk yang bakal dihasilkan tersebut tidak lulus uji kelayakan 1 kepada bagian penelitian produk. Bagian penelitian ini melakukan riset ulang kepada produk yang ingin dihasilkan dan menambahkan jika memang ada yang kurang serta menghapus hal-hal yang tidak diperlukan, yang selanjutnya akan di serahkan kepada bagian penguji untuk menguji kelayakan produksi barang tersebut. Bagian penguji kelayakan 2 ini melakukan tugasnya. Jika memang masih terdapat kesalahan, maka bagian ini akan menyerahkan laporan yang menyatakan produk ini belum layak di produksi kepada bagian peneliti ulang produk. Namun jika pada bagian penguji kelayakan 1 dan bagian penguji kelayakan 2 memang tidak ditemukan kesalahan pada produk yang bakal dihasilkan serta pengujian kelayakan resmi diluluskan dan produk ini akan dihasilkan.
Selanjutnya laporan resmi produk telah lulus uji akan diserahkan pada bagian yang menentukan harga penjualan. Setelah ditentukan harga penjualan, kemudian produk yang sesuai dengan permintaan konsumen dan tuntutan pasar pun di produksi. Pada bagian ini juga produk yang dihasilkan telah berhasil di produksi atau lebih dikenal dengan barang jadi yang sudah rapi dan siap di pasarkan. Proses selanjutnya yang dilakukan adalah mengirim produk tersebut pada bagian pemasaran.
Pada bagian pemasaran inilah produk dipasarkan dengan mengadakan kegiatan promosi produk terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan komsumen.
Dan begitu jugalah selanjutnya.
- Bagan alir (flowchart) prosedur produksi secara manual
Gambar 1.1
2. Prosedur keuangan yang di lalukan melalui narasi bertanggung jawab menghasilkan laporan keuangan bulanan dengan membandingkan pendapatan yang bisa di kontrol dan biaya yang di anggarakan untuk setiap pusat jawab. Secara bagan alir yaitu pelaporan keuangan bertanggung jawab untuk merancang proses pembuatan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar